Jumat, 12 Agustus 2016

Refleksologi dari Zaman ke Zaman

Pijat Refleksi

Refleksologi atau dalam bahasa sehari-hari biasa disebut Pijat Refleksi, adalah sebuah metode Pengobatan Alternatif melalui pemijatan atau tekanan pada bagian-bagian kaki, tangan dan atau telinga, dengan tujuan untuk penyembuhan bagian tubuh yang terkena penyakit.
Pijat Refleksi merupakan seni penyembuhan alami yang telah dipraktekkan sejak jaman dahulu didasarkan pada prinsip bahwa adanya refleks syaraf di seluruh tubuh yang saling berhubungan dengan setiap bagian, kelenjar dan organ tubuh. Melalui tekanan (pijatan) pada daerah refleks ini dengan mupun tanpa menggunakan alat seperti kayu, plastik dan lain-lain bertujuan mengurangi ketegangan, meningkatkan sirkulasi darah dan membantu meningkatkan fungsi organ tubuh yang terkait.

Manfaat Pijat Refleksi bagi Kesehatan

Pijat Refleksi mungkin masih belum banyak digunakan dalam dunia medis modern, namun sudah ada ribuan dokter alternatif di seluruh dunia telah menggunakan Refleksologi selama beberapa generasi, dengan hasil yang positif dan mengejutkan. Sekarang mari kita lihat sedikit lebih jauh tentang apa manfaat Pijat Refleksi, yang telah dilakukan manusia selama beratus tahun. Jika Anda menderita kondisi kesehatan, cobalah untuk sekali melakukan terapi ini dan rasakan hasilnya.

Beberapa manfaat Pijat Refleksi termasuk untuk merangsang fungsi saraf, meningkatkan energi, meningkatkan sirkulasi darah, merelaksasi, menghilangkan racun, merangsang sistem saraf pusat, mencegah migrain, membersihkan kondisi saluran kemih, mempercepat pemulihan setelah cedera atau pembedahan, membantu meringankan gangguan tidur, mengurangi depresi, dan mengurangi rasa sakit. Selain itu juga dapat membantu meringankan pengobatan berbagai penyakit kanker dan penyakit kronis lainnya.

Fungsi Saraf

Semakin bertambah usia, maka ujung syaraf kita juga semakin kurang sensitif. Refleksologi telah terbukti dengan menstimulasi lebih dari 7.000 ujung syaraf yang berbeda, sehingga meningkatkan fungsi dan reaktivitasnya. Membuka dan membersihkan jalur syaraf bisa membantu meningkatkan fungsionalitas dan fleksibilitas banyak daerah di seluruh tubuh. Hal ini sangat baik untuk menjaga ketajaman syaraf.

Tingkat Energi

Dengan menyelaraskan fungsi organ dan sistem otot, Pijat Refleksi akan membantu meningkatkan metabolisme dan proses penciptaan energi dalam tubuh. Jika Anda membutuhkan tambahan energi atau selalu merasa lesu, Pijat Refleksi bisa membantu Anda.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari Pijat Refleksi adalah peningkatan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga darah dan oksigen akan melalui tubuh lebih lancar dan efektif. Ini berarti akan menjadi lebih banyak oksigen yang bisa mencapai sistem organ vital, sehingga mengoptimalkan fungsinya dan metabolisme. Dengan demikian akan mengakibatkan proses penyembuhan penyakit menjadi lebih cepat,  karena pertumbuhan kembali sel yang rusak juga semakin cepat.

Relaksasi

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa Pijat Refleksi diketahui akan membuka jalur syaraf, sehingga aktivitas syaraf menjadi cepat dan tubuh menjadi lebih rileks. Dengan demikian stres juga akan dengan mudah berkurang. Untuk alasan ini, Pijat Refleksi bisa membanjiri sistem tubuh dengan relaksasi, dan menginduksi keadaan tenang diseluruh tubuh dan pikiran Anda. Dalam cara yang sama, Pijat Refleksi umumnya digunakan untuk menyembuhkan gangguan tidur (Insomnia).

Menghilangkan Racun/Toksin Dalam Tubuh

Pijat Refleksi telah terbukti meningkatkan fungsi kandung kemih dan mengurangi masalah saluran kemih. Ini berarti sistem toksisitas (racun)  tubuh menjadi lebih efisien untuk menghilangkan racun dan zat-zat asing lainnya, sehingga akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan kondisi kesehatan yang sering muncul dari sistem kemih.

Stimulan Sistem Syaraf

Jalur syaraf yang terbuka akan bermanfaat bagi sistem saraf pusat kita. Otak kita tidak hanya bisa menangani input lebih efektif, yang mempercepat kekuatan kognitif kita, tetapi reaksi fisik kita juga akan lebih cepat, serta memori ditingkatkan. Secara umum seluruh otak kita akan bekerja lebih baik dan lebih cepat.

Mempercepat Proses Penyembuhan

Karena kombinasi dari peningkatan aktivitas syaraf, peningkatan sirkulasi dan keseimbangan metabolisme tubuh, maka sel-sel bisa tumbuh lebih cepat dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, penghilang rasa sakit dari Pijat Refleksi juga akan membuat pasien merasa lebih baik, sehingga tubuh lebih bersedia untuk memulai pemulihan fisik.


Demikian sedikit ulasan mengenai  hal-hal yang dihasilkan dari Terapi Pijat Refleksi, Semoga Bermanfaat !

(Diolah Dari Berbagai Sumber)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar